Selasa, 19 Desember 2017

Say No To Junk Food

Apakah kalian tahu tentang bahaya junk food ?



Di era yang serba modern ini, aktivitas manusia dituntut serba cepat. Hal ini berpengaruh pada pola hidup yang juga instan. Tak jarang banyak orang mengambil jalan pintas dalam memilih makanan cepat saji yang sudah jelas tak perlu membutuhkan banyak waktu untuk dikonsumsi. Tapi, di balik kemudahannya itu junk food menyimpan dampak buruk bagi kesehatan. Dampak buruk junk food bagi kesehehatan adalah
1.    1.   Menjadikan Obesitas
Junk food mengandung sedikit nutrisi namun kaya akan gula, kalori, dan lemak tak sehat. Hal ini menyebabkan berat badan seseorang dapat melonjak naik. Tubuh akan menimbun banyak lemak tak sehat yang mana lemak ini dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lain seperti diabetes, jantung, dll.
2.     2.   Menyebabkan Diabetes
Diabetes kini tak hanya disebabkan oleh faktor keturunan atau usia, namun dapat juga disebabkan oleh pola hidup yang tak sehat seperti terlalu banyak konsumsi junk food. Mengapa? Dalam junk food mengandung kalori tak jenuh yang tinggi, di mana ini dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin sehingga menyebabkan banyak glukosa menumpuk di aliran darah.
3.       3. Menghambat Pencernaan
Seperti telah dipaparkan sebelumnya bahwa junk food mengandung sedikit serat sehingga ini membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih ekstra untuk mengolah makanan. Selain kurang serat, minyak yang terdapat dalam junk food dapat menempel pada dinding lambung sehingga meningkatkan produksi asam. Maka tak jarang jika pada akhirnya mereka yang sering mengkonsumsi junk food akan mengalami masalah lambung.
4.     4.  Menyebabkan kanker
Makanan yang dikalengkan mengandung bisphenol-A (BPA), di mana BPA ini bersifat estrogenik dalam sel kanker payudara dan dapat mengganggu fungsi normal hormon. Selain BPA, makanan cepat saji juga mengandung banyak zat kimia berbahaya dan pengawet yang jika dikonsumsi dalam waktu yang lama akan memicu kanker.

Nah buat kalian yang sudah kecanduan mengkonsumsi junk food ada beberapa tips meminimalisir dampak junk food :

1.     Mengkonsumsi buah-buahan segar, tetapi hindari jus kemasan karena di dalamnya terdapat pengawet dan bahan kimia, serta menurunkan kandungan serat.
2.   Mengkonsumsi sayuran berdaun seperti bayam, selada dll, yang kaya akan kandungan serat, serta bermanfaat untuk mencegah kadar gula berlebih dalam darah.
3.   Utamakan minum air putih, kurangi atau batasi mengkonsumsi minuman soft drink dan energi
4.   Jika anda tergolong orang yang sangat sulit untuk menghindarkan konsumsi junk food dalam kehidupan sehari hari maka usahakan untuk rutin berolahraga dan tetap beraktivitas untuk bisa membakar kalori yang terdapat dalam makanan junk food. Dengan begitu bisa menurunkan resiko berat badan yang memicu banyak penyakit
5.    Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, serta mulailah menerapkan pola hidup sehat.
6.   Disarankan makan pisang karena mengandung kalium tinggi, demikian juga air kelapa. Manfaatnya untuk mengatasi masalah kembung dan rasa pusing akibat menelan terlalu banyak sodium dari makanan asin (junk food).
Dampak buruk junk food memang terlihat menyeramkan. Untuk mengantisipasi itu semua ada baiknya jika Anda mengontrol konsumsi junk food tiap harinya. Anda bisa membatasi hanya makan sekali atau dua kali dalam sebulan untuk jenis junk food. Kesehatan adalah investasi masa depan, jadi jangan ragu untuk melakukan apapun demi itu ya. 



#AKFARTHERESIANA#16.0596

Tidak ada komentar:

Posting Komentar