Minggu, 03 Desember 2017

Akademi Farmasi Theresiana




Jurusan Farmasi, sampai sekarang belum banyak orang yang mengenal apa itu farmasi. Oleh karena itu, insyaAllah, pada tulisan kali ini akan saya bahas sedikit tentang Jurusan Farmasi. Farmasi sesungguhnya adalah salah satu cabang dari ilmu kesehatan. Walaupun bagian dari ilmu kesehatan, Farmasi lebih berfokus pada dasar-dasar seluk beluk mengenai obat-obatan. Kuliah di jurusan farmasi, ilmu yang dipelajari adalah berupa ilmu untuk membuat sediaan farmasi yang baik (Farmasetika, Bioteknologi Farmasi, Teknologi Sediaan Padat, Analisis Sediaan Farmasi, dll). Sediaan farmasi dapat berupa obat, bahan obat, obat tradisional, kosmetika, vitamin, sabun, shampoo, dan lain sebagainya.

Tidak sekedar itu, farmasi juga mempelajari ilmu yang berkaitan dengan tubuh manusia baik anatomi, fisiologi, patofisiologi, dll seperti ilmu biomedik, biologi sel dan molekuler, biokimia, patobiokimia, dll. Beberapa ilmu lain yang dipelajari antara lain farmakologi, farmasi fisika, mikrobiologi, dll.
Lulusan dari jurusan farmasi ini biasanya kemudian disebut dengan ‘Farmasis’. Gelarnya, jika berasal dari jenjang D3 adalah A.Md.Far. Jika dari jenjang S1 maka gelarnya dalah S.Farm. Seorang farmasis kelak setelah lulus akan dihadapkan pada aktifitas atau pekerjaan yang membutuhkan ketekunan, ketelitian dan kesabaran. Maka, jika anda hendak mengambil jurusan farmasi dan menjadi farmais, persiapkanlah untuk memiliki karakter-karakter tersebut. Selama kuliah menempuh studi di jurusan farmasi, akan menghadapi banyak kegiatan penelitian, hafalan dan praktik kerja disamping kuliah reguler di kampus. Semuanya tentu saja yang berkaitan dengan pembuatan serta pemahaman seputar obat-obatan dan bahan-bahan penyusunnya.

Prospek Lulusannya bagaimana?
Soal prospek lulusan farmasi, jangan ditanya. Untuk saat ini lulusan farmasi adalah salah satu lulusan yang memilik prospek cerah. Mengapa demikian? Karena bidang kerjanya sangat luas, tanpa banyak orang yang tahu. Contoh beberapa tempat yang memerlukan tenaga farmasi antara lain:
1. Bidang pemerintahan, terutamanya di Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan          pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
2. Bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan , polri, maupun TNI.
3. Menjadi dosen pada departemen pendidikan nasional sebagai dosen di bidang farmasi.
4. Bagian apotek atau instalasi farmasi pada berbagai Rumah Sakit.
5. Pada bidang industri obat-obatan misalnya: Kalbe Farma, Bayer, mead Johnsons, dan lain-lain.
6. Pada bidang industri Kosmetik, seperti Mustika ratu, martha Tilaar, Wardah, dan lain-lain.
7. Pada bidang industri makanan seperti Wings Food, Indofood, dan lain-lain.
8. Pada bidang jamu dan obat tradisional seperti air mancur, sido muncul, nyonya meneer, atau                deltomed.
9. Pada bidang industri dan perdagangan yang menjadi penjamin mutu, standar keamana dan kualitas      produk makanan, obat-obatan maupun kosmetik seperti Sucofindo misalnya.

Buat kalian semua yang masih bingung mau nglanjutin sekolah farmasi dimana ? Aku saranin lebih baik kalian memilih kuliah di Akademi Farmasi Theresiana Semarang karena cocok buat kamu yang gak sabar untuk segera bekerja karena durasinya jelas lebih pendek, pengajar di D3 ini rata-rata adalah praktisi yang sudah berpengalaman di bidangnya dengan langsung dan masih banyak lagi. 
Kampus Akademi Farmasi Theresiana terletak di Jl.Gajahmada no. 91 Semarang. Untuk menjadi mahasiswa akfar Theresiana Semarang cukuplah mudah, cukup mengikuti pendaftaran mahasiswa baru. Akademi Farmasi Theresiana telah terakreditasi "B"

Visi dan Misi Akademi Farmasi Theresiana

Visi
“Perguruan tinggi khatolik penghasil tenaga ahli madya farmasi yang kompeten dan berdedikasi, yang mampu bersaing di ASEAN pada tahun 2022.

Misi
  • Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Membekali mahasiswa dengan praktek kerja profesi di unit produksi, distribusi dan pengawasan sediaan farmasi.
  • Menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi di bidang kefarmasian.
  • Membekali mahasiswa dengan budi pekrti yang berdasarkan nilai – nilai kristiani.
  • Menjalin kerja sama dengan  pengguna jasa lulusan baik di dalam maupun di luar negeri.









































Tidak ada komentar:

Posting Komentar